Senin, 26 Agustus 2013

Gusi Berwarna Kehitaman

Pewarnaan kehitaman pada gusi dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor, antara lain:




1.    Faktor sistemik.
Banyak penyakit sistemik yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gusi, yang dipengaruhi  pigmentasi oleh melanin, bilirubin, atau zat besi. Pigmentasi akibat melanin biasanya bersifat fisiologis (kejadian yang normal), dan berhubungan erat dengan etnis atau suku bangsa. Sedangkan penyakit yang menyebabkan peningkatan pigmentasi melanin adalah :
a.    Penyakit Addison, merupakan penyakit akibat disfungsi kelenjar adrenal. Penyakit ini menghasilkan pewarnaan pada gusi yang bervariasi antara biru kehitaman sampai coklat.
b.    Sindrom Peutz-Jeghers, menyebabkan pigmentasi melanin pada mukosa mulut dan bibir.
c.    Sindrom Albright (polyostotic fibrous dysplasia) dan penyakit von Recklinghausen (neurofibromatosis), menyebabkan pigmentasi melanin pada mulut.
2.    Kebiasaan merokok.
Merokok memberi perubahan warna yang khas pada permukaan-permukaan mukosa yang terpapar, hal ini disebut melanosis perokok. Tanda-tanda melanosis perokok adalah adanya bercak coklat yang menyebar dengan ukuran beberapa sentimeter. Paling sering terjadi pada gusi depan rahang bawah. Daerah rawan lainnya adalah mukosa bibir, langit-langit, lidah, dasar mulut, dan bibir.
3.    Tambalan gigi berbahan metal.
Penggunaan material kedokteran gigi yang berbahan dasar heavy metal di dalam rongga mulut, seperti bismuth, arsen, merkuri, dan silver dapat diserap secara sistemik oleh gusi sehingga menyebabkan pewarnaan pada gusi dan jaringan lunak di sekitarnya.
Secara klinis, ciri-ciri pewarnaan yang dihasilkan akibat faktor ini adalah garis hitam atau kebiruan di sepanjang pinggiran gusi, atau warna kehitaman yang terbatas pada gusi disela-sela gigi dan gusi cekat.
Pada kasus anda, pewarnaan kehitaman pada gusi ini kemungkinan besar memang bersifat fisiologis. Namun perlu dilakukan pemeriksaan dan dikonsultasikan lebih lanjut kepada Dokter Gigi ahlinya.
Beberapa pilihan perawatan untuk mengurangi pewarnaan kehitaman pada gusi dapat melalui cara non bedah maupun bedah, antara lain:
1.    Menggunakan bahan kimia
2.    Cyrosurgical
3.    Teknik bedah elektro
4.    Penggunaan laser
Untuk mengetahui perawatan mana yang paling tepat untuk kasus anda, bagaimana prosedur dan efek samping setiap tindakan perawatan dapat anda konsultasikan kepada Dokter Gigi yang kompeten dalam kasus ini, yaitu Dokter Gigi Spesialis Periodonsia (Drg., SpPerio).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar